Penyusunan Tesis Hukum

0
Penyusunan Tesis Hukum - Dalam hal pembentukan hukum dan formulasi kebijakan publik sesungguhnya dapat saling mengisi dan menguatkan satu sama lain. Sebab dengan interaksi yang baik antara dua hal tersebut maka akan dihasilkan produk hukum yang mapan secara substansial, dan menghasilkan produk kebijakan publik yang legitimated dan dipatuhi secara massif oleh para stakeholders-nya. Setiap produk hukum pada dasarnya adalah sebuah hasil dari kebijakan publik.
Pada saat pembuatan tesis hukum, perlu dipahami bahwa dalam proses pembentukkan hukum sesungguhnya pada saat yang sama kita sedang menjalankan proses kebijakan publik pula. Hal ini dapat dilihat pada proses pembentukkan hukum. Dimana pada proses pembentukkan hukum kita dapat melihat bagaimana alur dan tahap-tahap yang dilalui sampai pada terciptanya sebuat peraturan hukum tertentu.

Aturan hukum yang dihasilkan itulah yang dimaksud dengan sebuah produk hukum. Sehingga sebuah produk hukum itu dalam proses pembentukkannya tidak lepas dari aspirasi dan kenyataan riil yang ada di tengah masyarakat, dan hendak diatur dalam sebuah perundang-undangan. Melihat kenyataan seperti ini dalam proses pembentukkanhukum, maka sesungguhnya secara fundamental tidaklah jauh berbeda jika dibandingkan dengan proses pembuatan kebijakan publik.
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: